MASIGNCLEANSIMPLE101

Sistem Biner dan Satuan Data | Dasar



Apakah kalian mengetahui bahwa otak manusia itu sama dengan komputer? hanya saja yang berbeda itu cara menyelesaikan masalahnya. Komputer pada dasarnya bekerja secara biner dan manusia bekerja secara desimal. Lalu Apa itu sistem biner? untuk lebih jelasnya ada dibawah berikut ini.






Pengertian Sistem Biner dan Sistem Desimal

Sistem biner merupakan sistem bilangan yang hanya mengenal 2 macam angka berupa angka 0 dan 1. Hanya dua kemungkinan itu komputer dapat menyajikan informasi yang begitu berguna bagi manusia. 

Sedangkan manusia bekerja secara desimal. Merupakan pemikiran logic yang memiliki berbagai cara lain untuk menemukan informasi yang berguna bagi diri sendiri maupun orang lain. Jadi, secara teori manusia memiliki banyak cara untuk menyelesaikan masalahnya. Pada sistem biner itu disebut dengan Bit (Binary Digit). Untuk menyusun karakter dari bit, dalam dunia komputer memiliki istilah karakter, yaitu:
  • Angka, misalnya 0 dan 1
  • Huruf, misalnya A dan Z
  • Simbol, misalnya tanda + serta &
  • 1 Karakter adalah 8 bit

Sistem Biner

Sebagai contoh penerapan sistem biner


5+3=

atau

A a A A A a a a
Keterangan :
A = Hidup
a  = Mati


Dari penjelasan diatas kita dapat melihat, Pada prinsipnya kita sebagai manusia tidak perlu tahu sistem biner tersebut. Contoh di atas 5+3= ataupun (A a A A A a a a). Manusia tidak perlu mengetahui bilangan biner di atas 5+3= atau bentuk biner dari  A a. Yang diketahui manusia ialah 5+3= 8 dan huruf A= Huruf kapital, a = huruf kecil. Jadi komputer yang menjumlahkan dengan menggunakan bilangan biner angka 0 dan 1 sehingga hasil nya menjadi 8. Begitupun sebaliknya untuk mengetahui huruf besar kecilnya, komputer tetap menggunakan biner angka 0 dan 1 sehingga menjadi A= huruf besar, dan a = huruf kecil.

Perbedaan Orientasi Mesin dengan Manusia secara sederhana sebagai berikut

Mesin

  • Menggunakan Bit atau byte
Manusia
  • Menggunakan sistem bilangan desimal kata atau kalimat simbol dan gambar


Satuan Data

Bit merupakan satuan data yang paling terkecil dalam sistem komputer. Diatas satuan tersebut terdapat satuan byte, megabyte, gigabyte, terabyte, dan petabyte. Istilah diatas tersebut biasanya dikaitkan dengan "Per detik". Contohnya, 28 megabyte per detik. Istilah megabyte per detik tersebut sering disingkat denga Mbps (Megabyte per second), begitupun satuan data yang lain. Dalam hal seperti ini berarti 1.000.000 bit. Untuk lebih jelasnya mengenai satuan data, berikut dibawah ini.



Byte

Byte merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan sebuah karakter. Contoh, pada byte sistem ASCII tersusun atas 8 bit.

Kilobyte

Pada satuan kilobyte ini, mempunyai hubungan terhadap byte seperti berikut:

1 kilobyte = 1024 byte.

Satuan ini disingkat sebagai KB. Biasanya size pada berkas gambar kecil yang berukuran kilobyte.

Megabyte

Satuan ini disingkat sebagai MB. Satu megabyte identik dengan 1024 kilobyte, atau 1.048.576 byte. Biasanya megabyte ini digunakan untuk berkas software dalam PC.

Gigabyte

Satuan ini disingkat dengan GB. Satu gigabyte identik dengan 1024 megabyte, atau 1.073.741.824 byte. Biasanya gigabyte ini digunakan untuk kapasitas Harddisk dalam PC maupun handphone.

Terabyte.

Satuan ini disingkat dengan TB. Satu terabyte identik dengan 1024 gigabyte, atau 1.009.511.627.776 byte. Biasanya digunakan untuk kapasitas hardisk dalam mainframe. Sekarang ini kapasitas Hardisk untuk PC maupun laptop juga sudah mencapai level terabyte, sehingga untuk para pecinta gamer akan terasa nyaman ketika dimainkan.

Petabyte

Satuan ini disingkat dengan PB. Satu petabyte identik dengan 1024 terabyte. Untuk petabyte ini saat ini belum bisa digunakan masih mencapai terabyte saja. Tetapi di masa yang akan datang akan digunakan dalam skala yang sangat besar terutama untuk hardisk dalam petabyte.



Konversi Sistem Biner dan Sistem Desimal

Konversi dari sistem biner ke sistem desimal



Konversi dari sistem desimal ke sistem biner


Terima kasih semoga bermanfaat :)

Sumber
Pengenalan Teknologi Informasi
Oleh : Abdul Kadir & Terra Ch. Triwahyuni



Share This Article :
avatar

Seandainya smartphone yang saya gunakan bisa terabyete, mungkin sudah penuh dengan kumpulan film..

Nice info..

24 Mei 2018, 00.34.00
avatar

wah sudah membayangkan saja hehe tetapi film nya yang penting harus positif ya dan bisa bermanfaat untuk generasi sekarang ini :) sukses terus..

24 Mei 2018, 20.15.00