MASIGNCLEANSIMPLE101

Pengertian Teknologi Informasi dan Pengelompokannya





Siapa yang tidak pernah mendengar kata “Teknologi”? Saya yakin semua orang pasti mengetahui bahkan menggunakan teknologi tersebut, mulai dari Handphone, PC, laptop, dan lain-lain bahkan dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Tetapi sebagian besar hanya mengetahui bentuknya saja tanpa mengetahui informasi mengenai teknologi. 


Untuk itu disini saya akan membahas mengenai Pengertian Teknologi Informasi. Didalam  teknologi informasi terdapat pengelompokan teknologi informasi yang terdiri dari, teknologi masukan, teknologi keluaran, teknologi penyimpanan, teknologi perangkat lunak dan teknologi mesin pemroses. Ok langsung saja berikut penjelasan pengertian teknologi informasi dibawah ini.

Pengertian Teknologi Informasi

          Teknologi Informasi (TI), (infotech) adalah suatu istilah umum intuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara dan video.
          Menurut saya sendiri, dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi adalah sebuah teknologi (perangkat keras dan perangkat lunak) yang membantu melakukan tugas-tugas setiap manusia untuk mencari informasi didalam komputer dengan sebuah penggabungan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi. 
          Teknologi komputer yaitu teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, pembaca sidik jari, dan CD ROM. sedangkan, teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Contohnya: hp, radio, televisi.

Pengelompokan Teknologi Informasi

Berikut pengelompokan teknologi informasi dibawah ini.

      A. TEKNOLOGI MASUKAN

   Teknologi masukan (input technology) adalah sebuah teknologi yang berhubungan dengan peralatan komputer yang bertujuan untuk memasukan data kedalam sistem komputer. Contohnya:

1. Mouse

Mouse merupakan sebuah perangkat keras yang termasuk dalam golongan perangkat masukan. Mouse ini berfungsi untuk mengatur posisi posisi layar pada monitor komputer, mempercepat dalam melakukan tugas-tugasnya yang berhubungan dengan komputer, serta memberikan perintah (mengklik) untuk masuk pada aplikasi atau web yang kita butuhkan. Mouse ini juga memiliki beberapa jenis, yaitu untuk gaming dan untuk umum.


2. Keyboard

Keyboard merupakan sebuah alat ketik manual yang menuliskan perintah yang terdiri dari huruf, angka, simbol pada layar monitor yang sebelumnya perintah itu diolah pada oleh CPU ( Central Procesing Unit). Bentuk keyboard secara umum sama dengan keyboard pada umumnya, hanya saja memiliki perbedaan pada tombol-tombol setiap keyboard. yaitu terdapat pada tombol, simbol, dan jarak antara huruf satu dengan huruf lainnya memiliki jarak sedikit berbeda pada keyboard lainnya. Didalam keyboard terdapat beberapa jenis, yaitu:

                                                                 Keyboard DVORAK



                                                                   Keyboard QWERTY


                                                                    Keyboard MALTRON


                                                                     Keyboard KLOCKENBERG

Dari semua keyboard diatas, jenis keyboard yang digunakan di indonesia yaitu Keyboard QWERTY.

      B. TEKNOLOGI KELUARAN

     Teknolgi keluaran (output technology) adalah sebuah alat yang berhubungan dengan segala teknologi keluaran (Printer, Monitor, speaker, projektor, dan lain-lain) yang berfungsi untuk menyajikan hasil informasi dari pengolahan sistem. Berikut penjelasan beberapa contoh teknologi keluaran sebagai berikut.

1. Monitor

Monitor adalah perangkat keras yang termasuk dalam golongan teknologi keluaran. Monitor ini berfungsi sebagai alat keluaran pada CPU (Central Processing Unit) dan sebagai yang menampilkan data-data tampilan agar para dengan mudah untu melihatnya. Monitor juga bisa dapat menampilkan pesan, informasi ataupun mengikuti perintah dari penggunanya. tampilan fisik monitor menyerupai sebuah layar televisi, yaa bilang dibilang seperti itu sih hehe, berikut beberapa jenis monitor sebagai berikut, diantaranya:

  • Monitor CRT (Cathode Ray Tube)

  Monitor CRT atau yang biasa disebut dengan monitor tabung, merupakan sebuah perangkat keluaran (output) generasi kedua setelah monitor pertama modern yang berfungsi untuk menampilkan teks atau gambar pada monitor. CRT ini memiliki bentuk monitor yang unik, karena monitor ini berbentuk seperti tabung.

kelebihan : harga nya terjangkau, mudah diperbaiki, serta warna lebih tajam.
kekurangan : memiliki daya listrik yang tinggi serta dapat merusak mata.






  • Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

   Monitor LCD merupakan sebuah monitor generasi modern saat ini yang memiliki bentuk tipis yang digunakan untuk menampilkan teks atau gambar dengan hasil yang maksimal. Monitor ini sering digunakan pada sebuah (Warnet) untuk bermain game. Monitor ini menggunakan teknologi kristal air.

Kelebihan : memiliki bentuk yang tipis, hemat daya energi, kualitas tampilan bagus dan ringan berat monitor.
Kekurangan : harga monitor sangat mahal, layar lcd sangat sensitif


Hasil gambar untuk monitor lcd
               



  • Monitor LED (Light Emiting Diode)
  Monitor LED ini hampir sama dengan monitor LCD, hanya saja monitor ini generasi setelah monitor LCD yang memiliki efek display pada warna, tampilan serta bentuk monitor yang lebih modern.

Kelebihan : memiliki kontras gambar yang tajam, baterai lebih irit dan kualitas tampilan lebih berkelas.
Kekurangan : harga relatif tinggi, layar LED lebih tipis.


  • Monitor PDP (Plasma Display Panel)

   Monitor Plasma merupakan alat perangkat keluaran yang menggabungkan monitor dari LCD dan LED dengan merubah tampilan layar yang lebih canggih beserta isi dalam nya dari monitor plasma. Jenis monitor ini sangat banyak digunakan untuki keperluan kantor karena memiliki tampilan yang elegan serta memiliki body yang sangat ramping.

Kelebihan : bentuknya ramping, contrast rasio tinggi, sudut pandang lebih lebar.
Kekurangan : memiliki pixel sangat tinggi, harga masih relatif tinggi di banding monitor LED, kualitas gambar menurun.




  • Monitor OLED (Organic light emiiting diode)

   Pada monitor inilah yang paling canggih serta yang paling terbaru dari monitor lainnya. Monitor ini adalah gabungan dari beberapa monitor LED, LCD, PLASMA sehingga menciptakan hasil monitor yang sangat tipis, kira-kira 1-2 mm. Monitor ini terbuat dari oksida timah indium sebagai elektroda positif atau negatif.

Kelebihan : layar tipis 1-2mm, memiliki body yang terbuat dari oksida timah indium, tampilan layar semakin canggih, lebih hemat energi, contrast lebih terang dan jernih.
Kekurangan : harga sangat tinggi, mudah rusak.


2. Printer

Printer merupakan sebuah alat output yang yang digunakan untuk mencetak dokumen baik dokumen berupa gambar, tulisan, dan lain-lain yang terhubung dengan komputer atau laptop sehingga hasil output nya sama dengan input. Banyak sekali didalam dunia keseharian kita untuk melakukan tugas menggunakan hasil outputnya printer, mulai dari hitam putih, berwarna serta dengan kualitas dari yang terendah sampai yang tertinggi pun ada tergantung permintaan setiap individu.

Didalam printer sekarang ini di era yang modern banyak sekali jenis-jenis printer yang semakin canggih dari printer yang digunakan untuk mencetak hingga sekarang dapat digunakan berbagai macam. Nah berikut beberapa jenis printer yang digunakan, sebagai berikut.
                      

  •  Printer POS (Point Of Sale)
   Pada printer ini biasanya sering digunakan pada toko-toko supermarket maupun toko besar yang menggunakan alat ini agar bisa mengetahui rincian harga barang yang ia beli. Mulai dari toko elektronik, toko makanan, toko peralatan kantor, maupun restoran.



  • Printer ID CARD

   Printer yang digunakan untuk mencetak ID CARD seperti kartu nama perusahaan, kartu tanda pengenal, SIM, KTP dan lain-lain dengan cepat dan mudah. Oleh karena itu printer ini hanya khusus digunakan untuk mencetak ID CARD saja.




  • Printer Label

   Printer ini adalah sebuah printer yang digunakan untuk mencetak label seperti barcode. Biasanya label ini sering digunakan pada supermarket dalam menjumlah barang yang ia beli dengan mudah cepat. Printer label dan printer POS hampir mirip, hanya saja memiliki perbedaan pada outputnya. 


  • Printer inkjet

   Printer ini merupakan sebuah perangkat output yang digunakan untuk mencetak gambar. Biasanya hasil output dari printer inkjet ini ada pada sebuah mading ataupun browsur yang memiliki kertas yang tebal. Printer ini memiliki kualitas gambar yang bagus tergantung permintaan dan memiliki aneka beberapa macam warna sehingga hasil dari printer ini pasti tidak akan kecewa.



  • Printer Laserjet

   Namanya printer laser, sudah pasti printer ini digunakan menggunakan sebuah laser pada saat proses pencetakannya. Printer ini bekerja dengan baik karena hasil warna dan kualitas pada sebuah outputnya sangat bagus. Pada warna juga kita liat sesuai keinginan kita dan tetapi biasanya yang sering saya liat, yaitu pada saat proses mencetaknya disitu ada sebuah laser berwarna hijau biasanya yang sering saya liat.
  


  • Printer SOLID ink

   Printer ini memiliki cara kerja yang unik. karena menggunakan sebuah lilin yang telah di lelehkan. Tetapi bukan lilin yang digunakan ketika mati lampu, tetapi yang digunakan untuk mencetak pada sebuah dokumen dengan menggunakan sebuah lilin yang dihancurkan. Printer ini sangatlah jarang kita jumpai karena printer ini sudah berkurang dengan printer yang modern, tetapi printer ini masih sangat tren. Dalam mencetak menggunakan printer ini tergantung suhu kelembapan pada kertas karena bisa mempengaruhi hasil outputnya.



  • Printer LED

   Printer LED hampir sama dengan printer laserjet. Printer LED ini menggunakan cahaya sedangkan printer laserjet menggunakan sebuah laser. Hasil dari printer ini sangatlah bagus karena printer LED menggunakan cahaya yang bisa menghasilkan kualitas cetak dengan baik.


  • Printer Dot Matrix

   Printer dot matrix adalah sebuah printer yang menggunakan pipa untuk mencetak huruf dengan rapih. Printer ini sering digunakan untuk faktur. Kecepatan printer ini sangatlah cepat dari printer lain pada umumnya.



  • Printer Portabel

   Printer ini digunakan untuk mencetak sebuah tulisan yang menggunakan sebuah kertas cukup tebal. Untuk mencetak lewat printer ini bisa menggunakan sebuah hp agar dengan mudah dan cepat dalam proses mencetaknya. Maka dari itu printer ini sangat cocok untuk mencetak teks biasa.




  • Printer Dye Sublimation

   Pada printer ini bisa kalian jumpai pada sebuah design untuk mencetak seperti logo, baju, kaos maupun design lainnya. Hal ini printer ini sedikit lama dalam mencetaknya karena printer ini harus memanaskan sebuah objek didalam printer ini agar cepat kering sehingga dengan mudah hasilnya. 



  • Printer CD

   Printer ini digunakan untuk mencetak pada sebuah CD. Dengan cara mentransferkan sebuah data kedalam CD lalu tunggu hingga proses nya selesai. 




  • Printer Plotter

   Printer ini sering digunakan untuk para pekerja arsiteksur. Alat ini sangatlah besar karena harus mencetak gambar-gambar pada arsitektur dengan ukuran yang besar.


  • Printer Photo Digital

   Dengan menggunakan printer ini hasil gambar sangat tajam dan jernih sehingga printer ini sering digunakan oleh seorang photographer. Printer ini memiliki beberapa tambahan tinta yang bagus sehingga hasil cetakannya pun sangat memuaskan.




3.  Speaker

Sebuah alat output yang terhubung dengan hp, laptop. komputer yang mengeluarkan suara. Speaker ini sering disebut dengan alat musik yang menghasilkan suara selera kita oleh perangkat. Didalam speaker ini memiliki beberapa tombol, yang pertama tombol untuk atur volume suara. Biasanya ketika volume suara itu sangat tinggi bisa mempengaruhi kualitas pada speaker, jadi jika kalian mempunyai speaker di rumah harus mengetahui batas-batas volume yang di hasilkan. Biasanya speaker memiliki kerusakan karena tergantung penggunaan kita dengan mengatur volume.

Nah jenis-jenis speaker sangatlah banyak dan bervariasi, mulai dari Middbass, Fullrange, Tweeter, midrange, Subwoofer atau woofer dan horn. Itulah jenis-jenis speaker yang saya ketahui.




4. Projector

Projector merupakn sebuah perangkat keluaran (output) yang menghasilkan cahaya melalui komputer pada sebuah, gambar, tulisan, maupun video tergantung mengikuti perintah dari komputer. Atau projector ini sering disebut sebagai alat optik dari komputer untuk mempersentasikan hasil didalam komputer kepada semua orang.

Biasanya projector ini sering diliat pada acara seperti meeting dikantor, di universitas, maupun di sekolah. Karena mereka menggunakan projector ini untuk menampilkan persentasi mereka. Maka dari itu sangat membantu untuk kita ketika ingin mempersentasikan hasil kita kepada orang banyak, dengan menggunakan projector inilah semua orang bisa melihat hasil persentasi kita tanpa harus maju kedepan satu-satu untuk melihatnya. Projector ini bisa mengatur jauh atau dekatnya layar dan bisa memfokuskan atau mengeblurkan sebuah layar.

Jadi jangan khawatir semua itu ada pengaturannya. Jenis lampu yang digunakan pada sebuah projector menggunakan lampu halide karena menghasilkan suhu warna dan spektrum warna yang lembut dan luas. 




      C. TEKNOLOGI PENYIMPANAN

        Teknologi penyimpan adalah sebuah teknologi digital yang memanfaatkan server virtual sebagai media penyimpanan. Teknologi ini dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal ini berfungsi sebagai pengingat bagi data, program, maupun informasi sementara ketika proses dilaksanakan oleh CPU. Contohnya yaitu ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory).

            Sedangkan memory eksternal adalah yang berfungsi sebagai penyimpan data secara baik penyimpanan nya. Contohnya yaitu, Hardisk dan disket. Nah memory internal dan eksternal ini saling kait mengaitkan sesama nya karena mereka berdua yang dibutuhkan dalam teknologi penyimpanan. Berikut penjelasan mengenai contoh-contoh setiap memory internal dan eksternal.

1.  Memory Internal

Memory yang dapat diakses secara langsung. Berikut beberapa contoh dalam memory internal sebagai berikut.

      a. ROM (Read Only Memory)

                 Dilihat dari singkatannya, dapat kita simpulkan ROM adalah sebuah perangkat berbentuk seperti chip yang hanya bisa dibaca saja. ROM berfungsi sebagai penyimpanan sebuah data program dari suatu sistem yang hanya bisa dibaca saja. ROM ini bisa menyimpan berbagai file, seperti lagu, gambar, video dan lain-lain. Dengan kata lain ROM ini tidak bisa dihapus atau hilang karena ROM ini non-volatile. yang berarti semua data yang disimpan tidak akan bisa dihapus. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis ROM didalam komputer sebagai berikut.
                

  • PROM (Programmable Read Only Memory)
  Pada memory ini hanya bisa dibaca datanya saja. Nah jenis memory inilah yang bersifat non-volatile, yaitu data yang bersifat permanen. Maksud permanen yaitu, memory ini hanya berlaku satu kali saja, jadi setelah memory ini terpasang maka akan dengan sendiri nya terpasang selamanya. 
           

  • EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)

   Pada ROM ini data atau informasi bisa dihapus atau dihilangkan dengan cara jika terkenal sinar ultraviolet. hanya saja memerlukan arus listrik. Jenis memory ini bersifat non-volatile sama dengan memory PROM.


  • EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)

   EEPROM adalah sebuah komponen yang bisa dihapus menggunakan elektris. Yang dapat digunakan untuk menyimpan data. Salah satu jenis dari EEPROM yaitu flash memory. Flash Memory ini yaitu suatu seperti chip yang dapat digunakan untuk menyimpan data tanpa aliran listrik, Biasanya sering digunakan pada konsol video game, kamera digital dan lain-lain.




       b. RAM (Random Access Memory)
                   RAM atau yang biasa sering disebut dengan Random Access Memory yaitu perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data secara sementara pada komputer. Atau RAM adalah jenis memory yang isinya dapat dibaca atau ditulis dalam suatu penyimpanan data sementara. RAM berfungsi sebagai mempercepat akses dalam laptop, komputer maupun hp. Semakin tinggi RAM yang kita punya maka semakin cepat dalam pengaksesan kita. 

Biasanya sekarang minimal RAM yaitu 2-6. Tapi sejauh ini diindonesia hanya memiliki RAM 6 (kurang lebih seperti itu, hanya pengetahuan saya) hehe .. okee dehh bicara tentang RAM, berikut beberapa jenis RAM yaitu sebagai berikut.

  • DRAM (Dynamic Random Access Memory)

   RAM ini memiliki jenis semivolatile yang digunakan untuk membantu kinerja komputer dalam proses kecepatan. Dalam hal ini DRAM hanya membutuhkan satu transitor dan kapasitor per bit sehingga memiliki kepadatan yang tinggi. Jenis RAM ini harus sering-sering disegarkan oleh CPU supaya data yang terkandung didalamnya tidak menghilang.



  • SRAM (Static Random Access Memory)

   Jenis RAM ini merupakan jenis yang tidak membutuhkan penyegaran CPU seperti DRAM  karena memory ini tetap aman walaupun tidak disegarkan. 



  • EDORAM (Extended Data Output Random Access Memory)

   Jenis RAM yang dapat disimpan secara bersamaan. Pada RAM ini umum nya memiliki kecepatan maksimal 50Mhz dan membutuhkan sebuah L2 cache karena L2 cache berperan penting dalam EDORAM karena bisa membuat berjalan dengan cepat. Pada RAM ini juga memiliki ukuran memory 8-16Mb.



  • RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

   Yaitu jenis memory yang sering digunakan dalam dunia gaming. Biasanya para gaming lebih suka menggunakan RAM ini karena jika menggunakan RAM ini makan keceapatannya sangat cepat pada komputernya. Jenis RAM ini menggunakan pentium 4.




  • SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)

   SDRAM ini sebenarnya penerus dari DRAM. Akan tetapi telah di refesh sehingga memiliki kecepatan yang bagus. Pada SDRAM jika untuk transfer memiliki kecepatan 66Mhz. Dan pada kecepatannya sendiri sekitar 105-130Mhz. Pada RAM ini digunakan untuk pentium 1, 2, dan 3.



  • DDR SDRAM (Double Date Rate Synchronous Dynamic Random Acces Memory)

   Jenis memory ini sebenarnya kelanjutan dari SDRAM. Dan jenis memory inilah sebenarnya paling banyak digunakan karena memiliki kecepatan tinggi dibanding jenis RAM lainnya. DDR ini memiliki jenis-jenis lainnya, yaitu:
  1. DDR 2 (Double Data Rate  2).
  2. DDR 3 (Double Data Rate 3).

Nah jenis DDR2 dan DDR3 paling banyak diminati dan digunakan dalam DDR SDRAM.

Gambar DR2


Gambar DDR3

Dari semua nya dapat kita simpulkan bahwa teknologi penyimpanan ini sangat berguna karena tanpa adanya penyimpanan, maka file, foto, video tidak akan kita simpan dengan banyak. Tetapi tergantung kita lihat kapasitas RAM dan ROM yang kita punyai, jika kecil yaa sebaiknya jangan menyimpan terlalu banyak tetapi jangan khawatir jika RAM dan ROM keci, bisa kita beli di toko-toko terdekat anda wkwk.

2. Memory Eksternal

Memory Eksternal merupakan sebuah memory yang sebagai tambahan atau pemantu yang berfungsi untuk menyimpan data. Memory Eksternal dan Internal sebenarnya memiliki fungsi yang sama, hanya saja Memory Internal penyimpanan diakses secara langsung, sedangkan Eksternal ini diakses setelah Internal jika Memory Internal tidak cukup dalam penyimpanan maka Eksternal lah yang membantunya. Memory Eksternal ini memiliki beberapa macam, yaitu harddisk atau disket. Berikut penjelasannya.


  • Harddisk
   Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang penyimpanan nya secara sekunder. Berfungsi sebagai penyimpanan data secara permanen. Didalam Harddisk memiliki beberapa bagiannya, yaitu :


  1. Ribbon cable, sebagai penghubung antara head dan logic board.
  2. Power connector, sebagai sumber arus listrik.
  3. Logic Board, papan utama pada harddisk.
  4. Spindle, Utama cakram dari keping-keping.
  5. Enclosure, lapisan luar pembungkus harddisk.
  6. Actual Axis, sebagai penyangga head.
  7. Cakram Magnetik.
             
Didalam harddisk terdapat beberapa ukuran yang masih saat ini digunakan dipasaran Indonesia,yaitu 80GB, 160GB, 250GB, 500GB, dan 1Tb. Tetapi di Indonesia Harddisk ini sudah jarang kita temui karena sekarang banyak sekali alat penyimpanan di era modern ini.
  




  • Disket

   Disket atau biasa yang sering disebut Floopy Disk adalah perangkat penyimpanan yang berfungsi sebagai penyimpanan yang jumlah kapasitas nya sedikit kecil dibanding Harddisk. Pada awal perkembangannya disket ini memiliki ukuran 79kb hingga sekarang 500kb, tetapi dikset pada tahun 1990an sudah lenyap karena hanya memiliki kapasitas yang begitu kecil, hanya menyimpan file-file dengan ukuran yang kurang lebih dari 500kb.




     d. Teknologi Perangkat Lunak

     Perangkat lunak (software) atau dikenal dengan sebuah program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga kompute dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya. Atau dengan pengertian lain, Perangkat lunak adalah intruksi pada program-program untuk mengendalikan operasi perangkat keras pada komputer. Nah dari pengertian diatas, untuk mengerjakan sebuah tugas perlu intruksi dan sebuah perangkat lunak tersendiri dan memiliki 2 jenis perangkat lunak pada komputer sebagai berikut.          

A. Perangkat lunak Sistem

Perangkat lunak sistem adalah sebuah petunjuk yang berfungsi mengkoordinasikan perangkat dalam melaksanakan tugas yang diperlukan para pengguna nya. Ada 3 jenis sistem didalam perangkat lunak sebagai berikut.

  • Sistem Operasi
    Sistem Operasi adalah sebuah program yang mengendalikan seluruh kegiatan dalam komputer. Contohnya Linux, DOS Windows, Unix Mac Os, Windows 98, Windows 95, Windows XPdan lain sebagainya.

  • Bahasa Pemograman
   Yaitu bahasa mesin yang mudah dimengerti oleh komputer. Contohnya, C++, C, COBOL, PASCAL, BASIC, FORTRAN. Dari semua bahasa pemograman, yang sering digunakan di Indonesia yaitu bahasa C++.

  • Program Bantu (Utility)
  Utility adalah sebuah program yang membantukan kekurangan pada komputer. Contoh, pemeriksaan antivirus, pemeriksaan software dan hardware, dan lain sebagainya.


B. Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi adalah sebuah perangkat yang memiliki tujuan membantu para pengguna untuk menyelesaikan tugas mereka. Program ini memiliki keunikan karena terdapat jenis-jenis perangkat lunak aplikasi yang memiliki tugas setiap berbeda-beda sesuai kebutuhan, ada yang sebagai pengolah kata, pengolah angka dan sebagainya. Program aplikasi ini sangat pesat perkembangannya dan sangat dibutuhkan mulai dari anak-anak hingga dewasa bahkan sering digunakan dalam kantor. Berikut Penjelasannya.

  1. Microsoft Word, sebagai pengolah kata.
  2. Microsoft excel, sebagai pengolah angka.
  3. Microsoft Powerpoint, sebagai pesentasi.
  4. Adobe photoshop dan Corel Draw, sebagai pengolah grafis atau design.
  5. Adobe Premier Pro, sebagai pengolah video/ mengedit.
  6. Microsoft access, sebagai pengolah data.

     e. Mesin Pemroses 

     Mesin pemroses atau bahasa lainnya (Processing Machine) yang biasa sering disebut sebagai CPU (Central Processing Unit), Mikroprosesor atau prosesor Yang merupakan perangkat keras pada komputer yang menjadi pusat dengan cara menjalankan semua program yang memiliki fungsi sebagai aritmatika terhadap memory dalam perangkat keras. Contoh jenis prosesor yang sering digunakan dalam komputer yaitu sebagai berikut.    

  • Celeron
   Jenis Prosesor ini sering disebut sebagai prosesor tidak terlalu membutuhkan kinerja yang cepat. Jenis prosesor ini memiliki kekurangan pada kecepatannya yang sedikit lambat.





  • Core i7

   Jenis Prosesor ini sangat digunakan pada sekarang ini karena spesifikasi nya sangat bagus, tetapi memiliki keluaran terbaru yaitu core i9. Pada core i7 memiliki jenis tipe, yaitu core i7-920, core i7-940, core i7 965.


  • Pentium

   Jenis prosesor ini cukup terkenal kehadirannya karena prosesor ini dibuat dengan chipset 855. Dan pentium ini memiliki beberapa seri yang membuat prosesor ini sangat sejajar di pasaran. Yaitu, Pentium 1, Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4 dan sebagainya. Tetapi pada digambar dibawah ini Yaitu pentium 4.




  • Core Duo

   Biasanya orang yang ingin komputernya lebih cepat maka menggunakan prosesor ini, Prosesor ini bisa berjalan aplikasi tanpa memiliki kendala masalah pada komputer dengan memiliki konfigurasi 1.06Ghz dan 2,4Ghz.




                 
Nah seperti itu pengertian teknologi informasi dan pengelompokannya. Semoga dengan adanya ilmu diatas bisa bermanfaat dan memberikan nilai positif kepada para pembaca serta mengetahui teori mengenai teknologi beserta contohnya.

Terima kasih  :)


Baca artikel selanjutnya : Rangkuman sistem operasi




DAFTAR PUSTAKA

http://www.perangkatkeras.net/jenis-jenis-monitor-komputer/
http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:http://refidesinta.blogspot.com/p/jenis-jenis-printer-dan-fungsinya-jenis.html

http://updatekno.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-mask-rom-eprom-eprom-eeprom-dan-memory-flash.html
http://kickarie.blogspot.co.id/2016/07/pengertian-ram-fungsi-dan-jenis-ram.html
Share This Article :