MASIGNCLEANSIMPLE101

Mengenal Android P | Terbaru dan Fiturnya





Pada Google I/O tahun ini, Goole telah mengumumkan versi terbaru sistem operasi yang disebut Android P. Setelah Oreo, sekarang Android menginisialkan huruf P yang belum diketahui namanya. Yang jelas, nama tersebut diambil dari nama makanan yang sangat manis sebagai kode inisial nya.







Saat ini Android P masih dalam tahap pengembangan developer preview ke-1 hingga ke-5. Bahkan awal Juli 2018 nanti, delevoper preview 3 akan dihadirkan sebagai pengujian. Dan beberapa minggu kemudian, developer 4 akan digulirkan. Pada tahap ini Android P akan menjadi versi build. Selanjutnya pada bulan Agustus 2018 akan diikuti delevoper preview 5 dengan peluncuran versi terakhir pada kuartal ketiga 2018. 

Pada fitur Android Oreo, hanya sedikit berbeda dari Android P. Untuk lebih jelasnya berikut fitur-fitur pada Android Oreo. Terkait dengan sejumlah fitur yang disematkan pada Android P juga masih di rahasiakan, yang pasti sistem operasi sekarang ini lebih baik dari sebelumnya. Berikut fitur-fitur yang terdapat di Android P sebagai berikut.


1.   Fitur Navigasi
    Meniadakan tombol home dan diganti dengan strip (-) dibawah layar seperti iphone x, pengoperasiannya seperti iphone x dengan cara menggulirkan dari atas kebawah untuk melakukan multitasting.

2.   Fitur kompresi foto
    Sebenarnya fitur tersebut telah hadir pada IOS 11. Dengan fitur kompresi maka ruang penyimpanan pada foto anda akan hemat. Melihat peta indoor melalui navigasi Android P akan mengusung wifi Round Trip Time (RTT). Dengan fitur tersebut pengguna akan bisa melihat peta indoor melalui navigasi.

3.   Gmail smart replies
         Pada fitur tersebut, smart replies akan menampilkan beberapa opsi jawaban yang memanfaatkan mechine learning. Sehingga pengguna hanya cukup memilih jawaban singkat pada pilihan yang tertera di gmail.

4.   Manajemen Baterai
        Android P dapat mengirit baterai menggunakan fitur adaptive baterai. Dengan fitur tersebut akan mengurasi pemborosan baterai sebesari 30%.
5.   Tampilan notch (Poni layar)
          Pada Android P membuat tampilan notch seperti iphone x di perangkatnya.

6.   Garis Volume menjadi vertikal
       Android P mengeluarkan fitur volume vertikal. Dengan perubahan baru volume yang semula horizontal akan berubah menjadi vertikal.

7.   Batas Waktu
       Ini salah satu fitur yang paling menarik bagi pengguna yang tiap detik menghabiskan waktu dengan smartphone nya. Dengan fitur ini, pengguna akan bisa membatasi waktu pemakai aplikasi. Jika waktu yang ditentukan sudah habis maka tidak ada toleransi waktu. Tetapi pengguna bisa menonaktifkan kembali jika ingin menggunakannya.

8.   Pengaturan Kecerahan
        Pengaturan kecerahan kadang menjadi berlebihan apabila kamu menyetting nya otomatis. Di Android P ini, layar akan menampilkan kecerahan sesuai dengan keinginan kamu.

9.   Fitur Screenshot (Tangkapan Layar)
          Pada Android P akan menampilkan yaitu ketika kita screenshot akan muncul sedikit tayangan tentang hasil screenshot kita. Jadi dengan begitu tidak perlu membuka galeri foto untuk melihat hasil screenshot nya.


Ada beberapa Smartphone yang akan diliris dengan menggunakan sistem operasi Android P, yaitu :
  • Pixel (Pixel 2, pixel xl, pixel 2 xl)
  • Android emulator
  • Sony Experia XY2
  • Nokia 7
  • Oppo R15 pro
  • Vivo X21
  • Xiaomi mi mix 2s
  • One Plus 6
  • Essential PH 1

Bagaimana menurut kalian ? yang pasti sangat keren dengan fitur-fitur nya.

Terima kasih semoga bermanfaat :)



Share This Article :