MASIGNCLEANSIMPLE101

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk




Virus shortcut sering sekali muncul pada Flashdisk. Dikarenakan virus tersebut didatangkan dari media penyimpanan (disket, hard disk, usb, memory card, dan lain sebagainya). Maka dari itu, saat flashdisk dihubungkan ke laptop atau komputer, virus tersebut ikut menulari perangkat tersebut.

Banyak orang yang mengatakan bahwa virus shortcut adalah virus yang tidak berbahaya tetapi menjengkelkan, karena hanya menyembunyikan file-file pada flashdisk. Jadi buat teman-teman tidak perlu khawatir karena cara menghilangkan virus shortcut sangatlah mudah.



Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Cara menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk.

Lalu bagaimana cara menghilangkan virus shortcut tersebut? Simak rangkuman berikut ini.


Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

1.  Yang pertama harus anda lakukan yaitu mengembalikan file-file di flashdisk yang hilang dengan cara klik Organize lalu pilih Folder and Search Option.

2.  Kedua, klik Show hidden files, folder and drives dan uncekis pada Hide Protected operating system files (Recommended) hingga muncul tampilan dibawah ini

Klik YES atau OK

3.  Setelah itu file-file yang disembunyikan oleh virus akan muncul, hanya saja masih bersifat semi-hidden. Untuk menjaga agar file tidak hilang maka lakukanlah backup data terlebih dahulu. Untuk menormalkan kembali maka tekan Windows + R dan klik cmd




4. Setelah terbuka, ketik lokasi dimana flashdisk anda berada. Contohnya Drive F, maka ketik F: 
5. Selanjutnya, ketik attrib -s -r -h /s /d pada cmd kalian seperti dibawah ini. Setelah itu tekan Enter.



6. Selanjutnya, cek flashdisk anda. Jika sudah kembali normal hapus folder atau file yang menurut anda aneh.
7.  Setelah itu, Instal antivirus yang ampuh (sesuai windows) dan lakukan full scan.
8.  Terakhir, format flashdisk anda.


KESIMPULAN
Virus shortcut adalah virus bertipe shortcut yang muncul dalam bentuk penggandaan folder atau file. Virus tersebut tidak berbahaya hanya saja menyembunyikan file yang bersifat semi hide. Jika ingin menghapus virus tersebut secara permanen maka ikuti langkah di atas lalu instal antivirus yang ampuh supaya bisa full scan terhadap semua drive di komputer termasuk flashdisk anda.

NOTE:
Jika sudah instal antivirus maka jangan di uninstal dikarenakan akan mengakibatkan munculnya kembali virus shortcut.

Terima kasih semoga bermanfaat :)



Share This Article :