MASIGNCLEANSIMPLE101

Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer




Mungkin anda sudah sering mendengar istilah LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Tahukah anda kalau mereka bertiga adalah jaringan komputer yang menyambung pada komputer satu dengan lainnya. Lalu, apa pengertian jaringan komputer? dan bagaimana jenis-jenis jaringan komputer? Untuk itu di artikel kali ini saya akan membahasa mengenai Pengertian dan Jenis Jaringan komputer.



Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan sebuah jaringan telekomunikasi atau sistem operasi yang terdiri dari beberapa komputer untuk menghubungkan dari satu komputer ke komputer lain untuk saling berkomunikasi. Tujuannya agar dapat mencapai suatu tujuan tertentu. Didalam jaringan ini tidak hanya menggunakan kabel, melainkan non kabel juga bisa disebut sebagai jaringan. Misalnya kita menggunakan Bluetooth untuk bertukar data, nah secara tidak langsung itu disebut sebagai jaringan. Oleh karena itu jaringan ini sangat bermanfaat untuk berkomunikasi, bertukar informasi, melakukan bisnis, mencari sebuah alat yang kita inginkan dan sebagainya.

Pada Jaringan komputer bisa menjadi privat atau publik. Pada jaringan privat biasanya memerlukan user untuk memasukan kredensial untuk mengakses jaringan. Biasanya, ini diberikan secara manual oleh administrator jaringan atau diperoleh langsung oleh pengguna melalui kata sandi atau dengan kredensial lainnya. Jaringan publik seperti internet tidak membatasi akses.

Jenis - Jenis Jaringan Komputer

Didalam jaringan komputer memiliki beberapa jenis-jenis jaringan komputer yang sering anda ketahui dan pelajari, yaitu sebagai berikut.

A. LAN

      LAN (Local Area Network) atau dalam bahasa indonesia nya, yaitu suatu perangkat jaringan komputer yang jaringannya hanya bisa mencakup wilayah kecil. Contohnya : Gedung sekolah, Gedung perkantoran, rumah dan sebagainya. Biasanya alat yang digunakan LAN ini disebut dengan Wifi. Rata-rata kecepatan wifi 8mbps, 10mbps, 15mbps dan sebagainya.

B. MAN

      MAN (Metropolitan Area Network) atau dalam bahasa indonesia nya, yaitu suatu perangkat jaringan komputer yang jaringannya lebih luas dari LAN. Contohnya : Pemerintah, perkantoran, dan sebagainya. Jaringan MAN ini merupakan sebuah jaringan gabungan dari LAN. Didalam MAN ini terdapat 2 koneksi yang biasanya dipakai, yaitu menggunakan jaringan dan menggunakan kabel optik.

C. WAN

     WAN (Wide Area Network) atau dalam bahasa indonesia, yaitu suatu perangkat jaringan komputer yang jaringannya lebih luas dari LAN dan MAN. Biasanya jaringan ini digunakan untuk berkomunikasi dengan Negara lain diseluruh dunia. Pada WAN ini jaringannya menggunakan kabel optik bawah laut. Kecepatan transmisi nya untuk dibawah laut kira-kira 15 mbps, 30 mbps, 45mbps, 60 mbps dan sebagainya.


Terima kasih semoga bermanfaat :)
Share This Article :