MASIGNCLEANSIMPLE101

Pengenalan Sistem Informasi



Jika kita membicarakan tentang Sistem, sebenarnya tubuh manusia dari ujung kepala hingga ujung kaki bisa disebut dengan sistem. Kata "sistem" ini mengacu sangat luas tergantung dari kalian persepsi nya ke objek apa. Komputer merupakan sistem. Lalu apa itu Sistem?

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai Pengenalan Sistem Informasi. Didalam Pengenalan sistem informasi terdapat materi yang sangat luas dan tentunya peluang pekerjaan kedepan nanti terbuka lebar bagi jurusan sistem informasi, karena sekarang ini teknologi semakin canggih bahkan setiap menit nya terdapat software baru. Untuk itu jika kalian ingin atau mengambil jurusan sistem informasi, kalian harus bisa menguasai materi dasar Pengenalan Sistem Informasi dibawah ini. Ok, let's see...

Pengenalan Sistem informasi

          Sistem merupakan sebuah kumpulan dari elemen-elemen yang saling berinteraksi satu sama lain dan informasi merupakan sebuah data yang telah diolah menjadi satu bentuk yang berguna kepada setiap orang. Jadi sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi dalam pengambilan keputusan yang pada dasarnya terbentuk melalui sebuah kelompok kegiatan operasi yang tetap, yaitu mengumpulkan data, mengelompokan data, menghitung, menganalisa dan membuat laporan.
          Didalam sistem informasi kalian akan mendapatkan ilmu yang banyak dalam dunia teknologi, jadi jangan khawatir untuk anak SMA atau SMK yang ingin meneruskan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena sekarang ini untuk melamar pekerjaan dengan lulusan S1 saja susah apalagi lulusan SMA atau SMK. Dan pada tahun 2020 keatas gaji untuk yang bekerja di bidang sistem informasi atau yang bekerja dibidang teknologi akan tinggi, dikarenakan teknologi sekarang ini dan yang akan mendatang semakin canggih. Berikut materi-materi yang akan dipelajari dalam sistem informasi sebagai berikut.

1. Tenologi Informasi


Tenologi Informasi atau biasa disebut dengan TI, IT atau infotech, yaitu seperangkat alat yang memiliki gabungan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi.  Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer termasuk printer, CD ROM, sedangkan teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan jarak jauh, Contohnya, radio, televisi, hp. Untuk lebih memahami mengenai Teknologi informasi bisa klik link DISINI

2. Keyboarding

Pasti kalian telah mendengar kata keyboarding sudah tidak asing lagi bagi kalian untuk mengenalnya. Keyboarding adalah sebuah alat perangkat keras yang tujuannya sebagai alat mengetik yang memiliki beragam huruf, angka, dan simbol atau tombol-tombol.



Seperti inilah keyboarding. Nanti kalian akan mempelajari bagaimana mengetik keyboarding dengan baik, yaitu mengetik dengan 10 jari loh bukan 11 jari. Keyboarding itu sangat penting walaupun keliatannya sepele, karena ini adalah paling basic dalam dunia teknologi, jika kalian mahir dalam hal ini, sangat membantu untuk kedepannya. Untuk lebih memperdalam materi keyboarding bisa klik link DISINI


3. Komputer Aplikasi Bisnis

Di komputer Aplikasi Bisnis ini, kalian akan belajar mengenai bagaimana cara mengaplikasikan aplikasi didalam bisnis, bagaimana cara menggunakan aplikasi dengan baik dalam berbisnis, bagaimana cara agar kalian memahami dengan benar tentang aplikasi yang kalian liat.


Contoh : Microsoft word, nah disana kalian akan memahami lebih detail dalam menggunakan aplikasi di microsoft word. Jangan menyepelekan karena sebelum kalian mempelajari nya lebih dalam, aplikasi tersebut sangat membantu kita dalam menambah wawasan dalam menggunakan aplikasi microsoft word.

4. Computer art and design


Nah, didalam mata kuliah computer art and design, kalian disini akan mempelajari bagaimana caranya membuat logo, mengedit foto, maupun mengedit video. Nah aplikasi untuk membuat logo yaitu corel draw. Dan aplikasi untuk mengedit foto yaitu adobe photoshop, adobe premier pro untuk mengedit video dan microsoft visio merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membuat diagram  dalam pemograman.. Itulah yang diperlukan dalam hal mengedit dikarenakan bagi saya ini adalah mata kuliah paling asik.

Ya karena itu kita hanya mengedit saja, tapi jangan meremehkan juga loh yaa mata kuliah ini. Ini adalah materi mata kuliah yang harus anda kuasai diluar kepala juga karena ini aplikasi basic dalam sistem informasi.

5. Algoritma & Pemograman

    Algoritma dan pemograman ini, kalian akan membahas tentang coding. Apa sih itu coding? Coding adalah sebuah penerjemah diagram alur kedalam bahasa pemograman yang membentuk suatu program yang mempunyai tujuan untuk membuat sebuah program aplikasi. Nah bahasa apa saja yang sering digunakan, yaitu Java,C, C++, Laravel, python dan lain-lain. Tetapi bahasa yang sering digunakan yaitu Java Netbeans. Ya enggak mudah sih, tapi bahasa nya itu yang mudah di ingat bagi saya pribadi. Nah dialam algoritma terdapat simbol-simbol yang digunakan dalam diagram alir, yaitu sebagai berikut.


Dan berikut beberapa contoh dalam diagram alir, yaitu sebagai berikut.


Buat kalian yang ingin melancarkan bahasa pemograman Java netbeans bisa klik link DISINI.



6. Struktur data

Struktur dapat diartikan dengan sebuah elemen-elemen pembentuk susunan, bangunan, komposisi, yang saling terkait satu sama lain. Kata "Data" dalam bahasa inggris yang berasal dari kata "datum" yang berarti fakta. Nah dalam struktur data terdapat simbol-simbol yang digunakan untuk membuat suatu bagan, yaitu


Sebenarnya simbol struktur data hampir mirip dengan algoritma dan pemograman, hanya saja didalam sistem informasi hanya terdapat simbol-simbolnya yang terpenting saja. Setelah mengenal simbol-simbol, didalam struktur data juga mempunyai urutan konvesional data, ini semua adalah hal-hal yang harus anda ingat dan dipahami karena ini masih level awal.

1. Bit
Bit (Binary Digit) merupakan unit terkecil informasi didalam komputer yang digunakan sebagai dasar perhitungan secara digital dan menampung pada media penyimpanan data (storage). Sebuah bit diibaratkan sebuah saklar lampu yang bisa dimatikan dan dinyalakan yang mempunyai lambang, ketika nyala on maka lambangnya 1 (satu) dan ketika off lambangnya 0 (nol).

2. Byte
Byte yaitu sebuah kumpulan bit yang membentuk sebuah informasi. Sebelum istlah byte muncul dulu dinamakan dengan "bite" karena hampir mirip dengan bit. Byte merupakan kependekan dari Binary Tuple, namun dari beberapa sumber menyebutkan Binar table, jadi kemungkinan kependekan dari byte belum tuntas hingga sekarang ini.  Dalam hal ini satu byte dapat dikatakan sebagai sebuah karakter (huruf, angka, tanda baca).

3. Field
Field sebuah data yang memiliki beberapa bagian yang dapat dibagi menjadi atribut. Contoh: Data mahasiswa dapat dibagi menjadi beberapa bagian atribut, yaitu nama mahasiswa, alamat, tempat tanggal lahir, jenis kelamis, status dan lain-lain. Jadi Field (atribut) merupakan ciri atau karakteristik dari suatu data, dan ia merupakan bagian dari data tersebut.

4. Record
Record adalah satu rangkaian data identitas yang terdiri dari beberapa atribut atau field. Contoh atribut dalam mahasiswa, yang pertama pasti nama, nama induk mahasiswa (NIM), alamat rumah, tempat tanggal lahir. Nah tentu bisa ditambahkan lagi identitas lainnya, misalnya nomor telepon, dan lain-lain. 

Jadi record itu sebuah rangkaian data mahasiwa. Atau misalnya kartu SIM (Surat izin mengemudi) nah kartu SIM itu yang jadi sebuah record, dan isi yang didalam SIM tersebut yang menjadi filed nya atau atributnya.

5. File
File adalah sebuah kumpulan record yang membentuk data file. Misalnya, Jika kita ingin menyimpan data file teman sekelas kita ada 10 orang, maka yang kita masukan datanya adalah, nama, alamat, tempat tanggal lahir, dan kota nya dari teman-teman kita itu kedalam 1o record, nah setelah kita kumpulkan lalu kita akan menyimpan data tersebut ke dalam sebuah file, dimana file tersebut berisikan sebuah data-data teman sekelas kita yang berjumlah 10 orang.

Seluruh file yang kita simpan didalam komputer itu diatur oleh File System dan File Managers. File System adalah sebuah sistem yang menentukan cara, metode, prosedur komputer dalam memberi penamaan file secara utuh. Tujuan nya yaitu agar para pengguna bisa kembali mendapatkan dan mengakses file yang pernah ia simpan dengan mudah dan cepat. Sedangkan File Managers adalah program yang menentukan kita dalam memanipulasi file. Kegiatan memanipulasi file, yaitu:
  1. Melakukan pemindahan file.
  2. Bisa didalam satu media penyimpanan.
  3. Membuat file baru/ menghapus file baru.
  4. Mencetak, mengganti dan mengcopy file.
6. Database
Database adalah kumpulan dari data file didalam suatu enterprise. misalnya sekolah itu suatu enterprise (lingkungan), maka database sekolah adalah kumpulan data file dari: data murid, data guru, data karyawan, data nilai murid, data pembayaran uang sekolah, gaji guru dan sebagainya. Jadi kesimpulannya segala sesuatu catatan (Data file) yang diperlukan dari suatu lingkungan dibuat dan disatukan dalam satu tempat penyimpanan data eksternal disebut Database.





Nah, seperti itulah materi-materi dalam mata kuliah di bidang sistem informasi, tidak susah kan? yaa jika kalian belajar dengan sungguh-sungguh. Maka dari itu, kehadiran saya membuat blog ini dikarenakan saya ingin untuk para siswa/siswi yang telah lulus dari sekolah menengah atas (SMA) maupun sekolah menengah kejuruan (SMK) yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi sedikit bingung ingin mengambil jurusan apa. Jangan khawatir, pilihlah jurusan kalian sesuai hati kalian, karena jika memilih jurusan yang salah, fatal sudah semuanya. 

Disini saya bukan untuk mempromosikan tetapi saya ingin membagikan ilmu kepada kalian gambaran didalam jurusan sistem informasi itu seperti apa, agar salah langkah dalam mengambil jurusan.

Terima kasih semoga bermanfaat :)


Baca Artikel Selanjutnya :

Share This Article :