MASIGNCLEANSIMPLE101

Penjelasan Mengenai Warna Pada Corel Draw



Zaman sekarang anak-anak muda gemar dalam mengedit foto atau mengedit video, atau bahkan berimajinasi membuat sebuah design, entah design logo (Komunitas, Organisasi, Perusahaan) ataupun hanya sekedar iseng-iseng untuk dituangkan kedalam kaos atau baju. Mereka mahir dalam mendesign terutama dalam warna RGB, CMYK, dan Spot.



Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai warna dalam coreldraw. Dengan warna tersebut kita bisa berimajinasi untuk mencoba-coba mengasah kemampuan kita. Ok lansung saja simak penjelasan singkat saya mengenai Penjelasan warna dalam Coreldraw.


Penjelasan Warna pada CorelDraw

RGB

RGB singkatan dari (Red, Green, Blue). Dengan warna ini kita bisa membuat sebuah design logo maupun front teks. Tipe warna ini mempunyai sifat additive, artinya semakin tinggi nilai yang anda masukan untuk masing-masing komponen warna, maka perubahan warna akan mengarah pada warna yang lebih terang. Pada warna RGB ini mempunyai batasnya, yaitu 0 - 225. Maksudnya ketika kita atur di angka 0 maka warna nya akan menjadi gelap, tetapi sebaliknya jika jika atur warna nya pada 225 maka warna tersebut akan menjadi putih.


Kelemahan : Jika di cetak warna nya tidak cerah, tapi jika di monitor sangat terang dan terlihat bagus.




CMYK

CMYK ini singkatan dari ( Cyan, Magenta, Yellow, Black). Tipe ini bersifat subtractive, artinya semakin tinggi nilai pada masing-masing komponen warna, maka perubahan warna akan mengarah pada warna gelap. CMYK ini menghasilkan warna yang baik, jika hasil nya kita cetak. Masing-masing warna ini mempunyai batasnya, yaitu 0-100 berbeda dengan RGB.
Biasanya warna ini digunakan pada percetakan offset.

Kelemahan : Jika dimonitor warna CMYK terlihat pudar, tetapi jika di di proses kepercetakan maka warna ini terlihat indah.




SPOT

SPOT ini merupakan pecahan bagian dari design yang mengutamakan kecepatan pada warna. Jenis warna ini bagian dari sistem warna Pantone Matching System. Dengan tipe warna ini bisa membuat warna baru yang diambil dari tingkat persentasi pada sebuah warna. Jadi kita bisa mengatur tingkat persentasi warna satu bisa menjadi warna lain.

Kelemahan : Harus memerlukan warna yang banyak, tetapi warna yang dihasilkan sangat tinggi.




Nah berikut penjelasan dari saya mengenai wanra pada Coreldraw. Setelah membaca artikel ini jangan lupa kalian terapkan ilmu nya ya teman-teman :)


Terima kasih semoga bermanfaat :)

Share This Article :